Saturday, March 21, 2015

Asinan Buah

Asinan Buah
Postingan ini telat pake mbangeeet, buatnya aja sommer tahun lalu dan sekarang sudah masuk spring tahun berikutnya. Maafkaaaan.... maklum ibu rumah tangga, job desk nya ga jelas ga runut, sak mua muanya dikerjain, keren kan? *gabutuhcibiranbuatiburumahtangga* :D

Saat panas matahari terik, pastinya kan ingin yang segeeer segeer apalagi kalo manis asem seger dan sehat. Buah bisa pakai apa saja menyesuaikan apa yang ada dan gunakan buah yang tidak lunak seperti pisang. Kalau di Indonesia seneng banget deh aku buat asinan pake kedondong, jambu air, bengkuang, mangga rujak, nanas *haduuuh haduuuh rek jadi kangen mangga rujak*. Berhubung waktu sommer berlimpah ruah buah, jadilah dibuat asinan, kalau begini kan jadi cepet abisnya, doyan !!

Cireng

Cireng
Siapa yang ga kenal cireng?? Snack gurih enak, hemat, ringan dan mudah disajikan ini kadang suka ngangenin. Apalagi pas lagi booming boomingnya di tanah air "cireng bumbu rujak" "cireng bumbu kacang" "cireng bumbu a bumbu b bumbu c bumbu d daaaaan banyak lagi", trus disini aku cuma bisa manyun doang? kasian deh ga ada yang jual cireng tapi gapapalaaaah *lapangdadasambilngunyahcroissant*

Yuuuk ahhh buat... gampang kok, pesennya cuma satu buat cocolannya dulu sebelum cireng digoreng, karena wadah cireng kaya bocor euy, cepet abis :D
Seperti biasa disini makanan berbahan dasar tepung sagu aku gantikan dengan pati kentang/ tepung kentang/ Kartoffel mehl, jadi ndak perlu muter lagi ke Asiamarkt, jadiiii hemat waktu ! Penting !

Monday, March 9, 2015

Brownie Cheesecake Gugelhopf


Brownie Gugelhopf
Hampir 2 minggu lalu anak anak sakit dan rada susah makan, jadi kubuatkan kue coklat yang simpel nan enak dan biasanya anak anak rebutan, apalagi kalo udah tinggal sepotong. Berharap banyak setelah membuat ini nafsu makan bertambah. Selain ini aku juga membuat Coconut Banana Almond Bread. Setelah beres urusan perdapuran, aku siap siap lagi membersihkan rumah terutama dinding. Maklum sudah masuk pergantian musim dingin ke musim semi, jadi yaa gitu deh...

Biasanya di musim dingin kan dingin sekali bahkan jendela dibuka hanya 10 menit setiap harinya dan ditambah lagi ada beberapa titik dinding yang memang muncul jamur. Begitu muncul sih langsung dibersihkan tapi kali ini kami (aku dan ayah) mencoba mengecatnya dengan cat khusus penutup bekas jamur. Wohooooo hidup disini belajar urusan ngecat ngecat dinding rumah, satu point positif lagi deh untuk kita :)

Jadilah hari itu, aku uprek sana sini sekalian memindahkan beberapa barang untuk ditempatkan di spot yang berbeda. Jadi di musim yang baru dengan tatanan rumah yang baru juga, agar keluar semua ide ide baru bagi yang lagi menulis ^^. Sekalian aku merapihkan dan menata buku buku pada tempatnya. Ayah, aku dan anak anak itu kaya 11 12 13 14 deeeh, baju tas mah ga beranak pinak, ada ya sesuai kebutuhan dan ga neko neko, belum rusak yaa nanti aja cari pengganti. Tapi kalau soal buku, hadeuuuh ga di tanah air ga disini, tumpukan buku itu sampe ga muat tempat lagi, kesana kesini buku yang dibeli >__<  gapapa sih bagus, ya ga? Ini juga kakak sudah pesen, "Bunda, nanti kalau ulang tahun aku ga mau Lego lagi, aku mau buku Basteln (ituloooh buku kreatifitas membuat sesuatu yang modelnya DIY)".

Saturday, March 7, 2015

Pempek tanpa Ikan


Pempek tanpa Ikan
Dua hari lalu jadwal Afiqah ke dokter gigi, gigi susu bagian depannya harus dicabut karena gigi barunya tumbuh tapi si gigi susu tidak tanggal dengan sendirinya, jadinya rebutan tempat. Alhamdulillah disini dokter gigi anak ga horor dan tempat pemeriksaan juga ga kaya kursi panas, tapi tiduran dan ada film yang diputar, jadi bisa nonton. Saat cabut gigi pun aku juga di dalam nemenin dan lihat sendiri, tindakannya cepet dan alatnya bisa kubilang canggih dan ga menggunakan suntikan biasa. Klinik dokter gigi satu lantai ini cukup besar, ada banyak kamar tindakan, ronsen dan dilengkapi ruang tunggu dengan fasilitas main anak yang bisa kubilang cukup besar. Dan satu lagi, kontrol dokter untuk satu pasien bisa loh sampai satu jam bahkan aku pernah 1 jam usai, 15 menit beikutnya konsultasi lagi sekitar 30 menit. Jadi pasien benar benar puas dengan hasil diskusi. Beginilah harusnya waktu konsultasi pasien ^__^

Coconut Banana Almond Bread

Coconut Banana Almond Bread
Dua minggu ini, serumah lagi flu, tapi tidak seperti flu biasanya, flu kali ini diiringi demam dan muntah, anak anak seketika ga nafsu makan dan bawaannya tidur saja. Ibu mana yang tidak panik kalau begini kondisinya? Tidak hanya anak anak tapi ayah juga demam tinggi, ya mungkin nyebar juga ya virusnya, namanya juga serumah. Dan terakhir senin sore setelah anak anak lebih baik keadaannya giliran aku yang kena T__T . Alhamdulillahnya senin pagi aku sempat membuat beberapa makanan yang memang sudah kurencanakan sejak awal supaya menambah nafsu makan anak anak dan ayah, aku buat dua jenis kue, Coconut Banana Almond Bread ini sama Brownie Gugelhopf yang nyoklat.

Tuesday, March 3, 2015

Perjalanan Bandara Soetta, Jakata - Frankfurt am Main, Germany

Musim Semi 2014
Seperti halnya tulisan Visa Kumpul Keluarga Jerman, cerita ini juga sudah lama ingin aku tulis. Mungkin bagi sebagian yang sering hilir mudik dengan pesawat sudah tidak asing lagi ya, tapi ini ditulis karena inilah pertama kali kami naik pesawat, saya pribadi dan juga anak anak. Pertama kali naik pesawat dan harus terbang selama 14 jam dengan transit satu kali di Dubai, yang katanya airportnya guedeeeee sekaliii. Pertama kali dengan penerbangan yang lama dan membawa 2 balita, sendirian. Yakin deh aku ga sendiri, ada Allah selalu menuntun kami berjalan hingga kami sampai bertemu ayah di Airport Frankfurt am Main.

Hikmah besar dari perjalanan ini adalah aku harus berani, awas diri, percaya diri dan yakin Allah punya teknologi paling canggih yang tidak dimiliki manusia *terimakasih otik Yuliana catatannya* dan satu lagi, menggantungkan harapan semata mata hanya padaNya bukan pada ciptaanNya. Dengan harapan, doa kepada Allah, maka DIA akan mengantarkan banyak tangan tangan orang baik untuk membantu.

"Dan hanya kepada Allah hendaknya kamu bertawakkal jika kamu benar-benar orang yang beriman." (Q.S. Al-Maidah (5): 23)

“dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.” (Q.S. Alam Nasyrah (94): 8)
  
“Jikalau mereka sungguh-sungguh ridha dengan apa yang diberikan Allah dan RasulNya kepada mereka, dan berkata: 'Cukuplah Allah bagi kami, Allah akan memberikan sebagian dari karunia-Nya dan demikian (pula) Rasul-Nya, sesungguhnya kami adalah orang-orang yang berharap kepada Allah,’ (tentulah yang demikian itu lebih baik bagi mereka).” (Q.S. At-Taubah (9): 9)

Pesawat kami jam 7 pagi yang berarti harus jalan dari jam 4 menuju bandara, kami berangkat dari Karawaci, kebetulan ada Pakde Eko (kakaknya papa sambungku) yang tinggal disana. Rencana awal berangkat jam 4 ternyata harus ngaret karena anak sulungku susah dibangunin, mungkin kecapekan juga dari Depok lalu karawaci dsb dsb, maklum rumah kami sudah pindah tangan dikontrakkan jadi silaturahmi keluarga sebelum berangkat ke Jerman ya sembari menginap.

Berangkatlah kami jam 4 pagi lewat 20 menit. Perjalanan ternyata juga cukup lumayan walaupun tidak ada macet tapi sempat deg degan karena kami ada salah jalan, aku maklum saja yang mengantar kami kan ber plat BE (Lampung) yang notabene pun tidak familiar dengan jalan menuju Soetta, karena biasanya orang tua kalau naik pesawat langsung dari Lampung (Bandara Branti) dan ga melewati jalur darat. Tapi Alhamdulillah, selama perjalanan dari Lampung hingga Soetta, kakak tiriku bisa mengantar (baca: menyetir) mobil yang kami tumpangi dan ga mungkin kan kalau saat itu papa yang nyetir. Tapi sekarang papa sudah tidak ada, saat kami berada di Jerman sekitar 5 bulanan. *alfatihah untuk papa*

Monday, March 2, 2015

Banana Granola Bread in Loaf and Cupcase

Banana Granola Bread in Cupcase
Banana Granola Bread
I have bought Granola in early February but kids didn't want to taste it as breakfast or bunch. They prefer cereal than it. It dissapointed me as well and fortunately as a mom, i should have a lot of idea to make it looks delicious and kids would grab it and let tray empty!

Membuatnya mudah dan anak anak suka sekali tanpa sadar di dalamnya ada granola/ Müsli nya. Tapi ya tetep saat makan aku beritahu mereka sambil membuktikan, kalo ini enak banget! Aku sengaja membuat dua resep sekaligus, karena buah pisang yang sudah semakin menghitam ada cukup banyak dan juga biasanya kalau hanya satu resep bisa langsung habis dan ga ada buat bekal sekolah besok hari. Tapi disini aku tulis ukuran satu resep saja yaaa. Di dalamnya aku sisipkan Chocolate Couverture yang di potong kasar, biar saat keluar oven lelehan coklatnya terasa di lidah.

Thursday, February 26, 2015

Sate Manis Daging Sapi

Sate Manis Daging Sapi
Since i knew my first kid had fever yesterday, decide to have a ginger drink sounds great, right? Actually i am not easy do giving medicine to kids. I believe if i take one medicine then sofort as well i will need more but only exceptional in emergency situation or other seriuosly disease. But as a mom, i should have knew and learn some commonly viruses or disease that normally human have within a year season, even i am not a doctor.


Jadilah pagi pagi uprek uprek jahe, sereh, gulaputih, lemon dan madu. Kakak kaget juga sih, "ini apaan kok pedes?" tapi namanya emak emak ya kudu punya trick jitu gimana caranya bisa masuk itu minuman dan ga pakeeee bohoooong....

Alhamdulillah siang hari hidungnya langsung meler yang otomatis dahak keluar, badan sudah mulai turun panasnya walaupun hari ini agak riweuh pakieuweh sih, kakak muntah saat disuapin makan dan itu mak pyaaaaar, nyembur kemana mana, mana itu menunya sop pulak, jadilah saya ngepel semprot sana sini biar wangi. Langsung deh dimandiin sekalian, minyak kayu putih, minum air anget dan mendamaikan perut sementara. Beberapa menit berikutnya, ya otomatis nawarin makan lagi, pokoknya kalo udah sakit gini, bunda berasa penjaga warung makan deh *pasangapron*. Keluarin menu berikutnya, nasi hangat plus sate bumbu kacang kecap ditambah potongan paprika mentah. Hasilnya surpriiiiseee, yang masuk banyak, ga keluar lagi, istirahat dan bangun sore segeeer dan udah bilang besok mau berangkat sekolah.

Sunday, February 22, 2015

Patty Ubi Ikan Saus Jamur


Patty Ubi Ikan Saus Jamur


Sebelumnya aku membuat Patty Ubi Ikan dan dimakan begitu saja sebegai bekal ayah dan anak anak, kali ini aku variasikan lagi supaya tidak bosan. Bisa juga menggunakan saus keju, saus tomat, saus bolognese dan kali ini saus jamur. Seru kan? Yang paling penting pasukan di rumah suka dan aku ga lagi masak nasi :)

Berikut resepnya aku tulis lagi yaaa...

Patty Ubi Ikan

Patty Ubi Ikan
Patty sih sejenis dengan bakwan, bedanya bakwan digoreng dengan cara deep fry tapi kalau patty hanya menggunakan sedikit minyak di pan penggorengan. Mudah membuatnya, bergizi dan anak anak suka. Klop deh !

Ikut meramaikan lagi NCC 1 Dasawarsa, no rice at all tapi semua diganti dengan hasil panga lokal Indonesia. Menarik deh !

Berikut resepnya yaaa...

Ubi Ikan Sambal Kecap


Ubi Ikan sambal kecap
Masih ingin ikut memeriahkan NCC Dasawarsa, ini laporanku yang ke3, menggunakan menu ikan yang dipadu sama ubi plus khas kita dipadu dengan sambal kecap. Seriously not bad at all, menu ini enak sambil colek sambel tentunya. Ikan dan ubi yang di goreng sebentar dengan sedikit minya, diberi taburan garam dan merica, mudah cepat praktis dan kaya gizi ! Walaupun ubi termasuk jenis umbi umbian yang manis, dikukus lalu di pan frying dengan garam memberi rasa gurih, apalagi ada sambal nyaaaammm....

Ubi yang kubeli di Jerman

Berikut resepnya yaa....

Mango Sticky Rice

Mango Sticky Rice
Snack yang dibuat dari beras ketan asal thailand ini gurih gurih seger deh. Punya stok beras ketan sisa membuat lupis dan ada mangga, klop deh ! Disini sih ngga pernah ada musim mangga padahal kangen deh, kebayang ya kalau lagi musim mangga, pulang kerja ayah selalu bawa mangga 5 kilo habis dalam 3 hari, disini mau beli mangga 5 kilo? bisa tongpes deh, hihihihi..... 1 bh mangga aja harganya 1,2 eur (kurs sekarang 15 ribu rupiah)

Pertama kalinya sih aku buat ini, khawatir anak anak dan ayah kurang suka, jadi buatnya sedikit saja. Daaaaan... ternyata mereka masih nanya lagi "masih ada kan bun?" halaaah halaaah akhirnya buat lah batch kedua, sekalian ngabisin beras ketan. Nyaaaammm...

Cakwe


Cakwe
Cakue atau Cakwe? Kenal cakwe pas kuliah di Bogor. Ga terlalu suka makannya sekalipun ada cocolan sambelnya. Masih prefer to eat Tahu bunting sih hihihihi....  tahu bunting lovers pokoknya ^__^ Tapi eh tapiiii, punya potongan cakwe di menu bubur ayam itu enak pake mbanget! Apalagi winter dingin plus mana ada tukang bubur lewat. Jadi kalau mau menu bubur, hari sebelumnya buat deh si Cakwe, masuk wadah kedap udara lalu simpan buat menu bubur besoknya, lengkap deh ^-^

Yuk ahh ngadon Cakwe, resep cakwe pertama kali lihat di grupPawon Ibu. Intinya si cakwe menggunakan ragi dan soda kue, adonan seperti roti dan dibentuk ala cakwe. Ga perlu margarin atau butter dan mudah juga membuatnya. Berikut resep cakwe yang aku buat....

Pancakes with Grape Jam Homemade

Pancakes
Salah satu snack kesukaan anak anak selain roti adalah pancake. Macem macem kadang aku membuatnya, Muesli pancake, Oat pancake, Pancake dengan tepung rye, Pancake coklat, Pancake pandan dan yang lainnya, ga ada bosennya pokoknya. Kali ini membuat pancake original hanya yang berbeda bentuknya, cairannya yang lebih banyak sehingga adonannya lebih encer dibanding biasanya sehingga pancake ini hampir seperti crepes tapi tebal. Aku sajikan dengan cara melipatnya lalu disiram anggur marmelade homemade hadiah dari tetangga baik disini ^__^ ganz Lecker!

Resep pancake sebelumnya sudah pernah juga aku tulis disini. Bisa juga dicoba. Yang Pancake lebar aku tulis lagi yaaa....

Saturday, February 21, 2015

Unbaked Raspberry Cheesecake



Unbaked Raspberry Cheesecake

Kali ini bener bener latepost, aku buat chilled cheesecake ini saat musim semi hampir berakhir tahun 2014. Biasanya kalau sudah mau musim panas, buah buahan melimpah ruah dan macem macem, walaupun harganya ga turun banget, komentar khas emak emak ya selalu soal harga >__<

Pengen cheesecake tapi males membuat spongecake dan ngoven, solusinya ya unbaked cheesecake ini. Tapi kali ini aku menggunakan lady finger, yang biasanya dipakai untuk membuat tiramisu. Jenis unbaked cheesecake ini hampir sama dengan tiramisu, bedanya tiramisu menggunakan telur sedangkan unbaked cheesecake tidak sama sekali. Dulu jaman masih cupu, hahahaha terus sekarang enggak gitu? maksudnyya masih jaman baru belajar masak, belajar pegang kompor, belajar buat kue, aku pernah buat unbaked cheesecake (strawberrycheesecake) dan suuuurpriiiiseeee..... ini kue enak banget!! ayah sama kakak yang saat itu masih 1 tahun juga sepakat kalo ini enak dan mereka suka !

Thursday, February 12, 2015

Bubur Ayam Bumbu Kuning

Bubur Ayam
Kemarin anak anak request bubur ayam. Mungkin karena diluar dingin juga ya, bubur ayam anget kan enak banget. Jadilah setelah kakak dan ayah berangkat sekolah aku uprek uprek sebentar di dapur. Ga ribet kok cuma cemplang cemplung saja. Sebenarnya, aku ga terlalu suka bubur. Dulu saat kecil jarang banget sarapan pagi dengan bubur. Kadang kadang papa ngajakin juga hari minggu ke Gorr Saburai Bandar Lampung buat menikmati bubur yang emang enak dan antriannya masya Allah paaanjaaaaang...

Ahhh jadi kangen papa, andah beliau masih ada betapa senangnya melihat anaknya bisa buat bubur yang enaknya pake banget dan cucu cucunya yang lucu dan saleh salehah inshaaAllah. Dulu tuh papa kalau ngajakin aku ke Gor Saburai buat lihat yang pada main Baseball atau in line skate. Tujuannya supaya aku ada minat untuk melakukan sport. *alfatihah buat papa*

Saat jemput pulang sekolah, ada pemandangan yang menarik buat anak anak. Walaupun cuma urusan memperbaiki genteng rumah. Hanya saja perbaikan ini di lantai 2 jadinya membutuhkan bantuan alat seperti gambar dibawah ini. Kadang juga anak anak heboh ngeliatin mobil pemotong ranting ranting di sepanjang jalan, karena bagi mereka mirip dengan mainannya sewaktu di Indonesia. Maklum, disini musim dingin sudah mau habis yang berarti akan datang musim semi.



Wednesday, February 11, 2015

Brownies Cheesecake


Brownies Cheesecake
Beberapa kali membuat brownies coklat, anak anak dan ayah ga pernah bosen. Walaupun kadang aku ga makan atau cuma cicip sedikit, yang merasa bosen ya aku sendiri. Bosen buatnya >__< itu lagi itu lagi. Jadilah kali ini membuat brownies cheesecake, paduan resep brownie yang sudah aku pernah tulis disini ditambah cream cheese yang diaduk dengan gula pasir. Ahhh rasanya legiiiiit....

Seperti biasa sebelum masuk oven, anak anak sudah ngintip duluan, "woooowww kueee" dan bisa dijamin begitu oven bunyi tanda matang ga ada jeda waktu motret dan tinggallah beberapa potong buat difoto. Itu juga kalau inget difoto ^__^