Thursday, February 26, 2015

Sate Manis Daging Sapi

Sate Manis Daging Sapi
Since i knew my first kid had fever yesterday, decide to have a ginger drink sounds great, right? Actually i am not easy do giving medicine to my kids. I believe if i take one medicine then sofort as well i will need more so just take them only in case emergency or other seriuosly disease is a good idea. But as a mom, you have to make sure and learn some commonly viruses or disease that normally human have within a year season, even you are not a doctor.

Jadilah pagi pagi uprek uprek jahe, sereh, gulaputih, lemon dan madu. Kakak kaget juga sih, "ini apaan kok pedes?" tapi namanya emak emak ya kudu punya trick jitu gimana caranya bisa masuk itu minuman dan ga pakeeee bohoooong....

Alhamdulillah siang hari hidungnya langsung meler yang otomatis dahak keluar, badan sudah mulai turun panasnya walaupun hari ini agak riweuh pakieuweh sih, kakak muntah saat disuapin makan dan itu mak pyaaaaar, nyembur kemana mana, mana itu menunya sop pulak, jadilah saya ngepel semprot sana sini biar wangi. Langsung deh dimandiin sekalian, minyak kayu putih, minum air anget dan mendamaikan perut sementara. Beberapa menit berikutnya, ya otomatis nawarin makan lagi, pokoknya kalo udah sakit gini, bunda berasa penjaga warung makan deh *pasangapron*. Keluarin menu berikutnya, nasi hangat plus sate bumbu kacang kecap ditambah potongan paprika mentah. Hasilnya surpriiiiseee, yang masuk banyak, ga keluar lagi, istirahat dan bangun sore segeeer dan udah bilang besok mau berangkat sekolah.

Sunday, February 22, 2015

Patty Ubi Ikan Saus Jamur


Patty Ubi Ikan Saus Jamur


Sebelumnya aku membuat Patty Ubi Ikan dan dimakan begitu saja sebegai bekal ayah dan anak anak, kali ini aku variasikan lagi supaya tidak bosan. Bisa juga menggunakan saus keju, saus tomat, saus bolognese dan kali ini saus jamur. Seru kan? Yang paling penting pasukan di rumah suka dan aku ga lagi masak nasi :)

Berikut resepnya aku tulis lagi yaaa...

Patty Ubi Ikan

Patty Ubi Ikan
Patty sih sejenis dengan bakwan, bedanya bakwan digoreng dengan cara deep fry tapi kalau patty hanya menggunakan sedikit minyak di pan penggorengan. Mudah membuatnya, bergizi dan anak anak suka. Klop deh !

Ikut meramaikan lagi NCC 1 Dasawarsa, no rice at all tapi semua diganti dengan hasil panga lokal Indonesia. Menarik deh !

Berikut resepnya yaaa...

Ubi Ikan Sambal Kecap


Ubi Ikan sambal kecap
Masih ingin ikut memeriahkan NCC Dasawarsa, ini laporanku yang ke3, menggunakan menu ikan yang dipadu sama ubi plus khas kita dipadu dengan sambal kecap. Seriously not bad at all, menu ini enak sambil colek sambel tentunya. Ikan dan ubi yang di goreng sebentar dengan sedikit minya, diberi taburan garam dan merica, mudah cepat praktis dan kaya gizi ! Walaupun ubi termasuk jenis umbi umbian yang manis, dikukus lalu di pan frying dengan garam memberi rasa gurih, apalagi ada sambal nyaaaammm....

Ubi yang kubeli di Jerman

Berikut resepnya yaa....

Mango Sticky Rice

Mango Sticky Rice
Snack yang dibuat dari beras ketan asal thailand ini gurih gurih seger deh. Punya stok beras ketan sisa membuat lupis dan ada mangga, klop deh ! Disini sih ngga pernah ada musim mangga padahal kangen deh, kebayang ya kalau lagi musim mangga, pulang kerja ayah selalu bawa mangga 5 kilo habis dalam 3 hari, disini mau beli mangga 5 kilo? bisa tongpes deh, hihihihi..... 1 bh mangga aja harganya 1,2 eur (kurs sekarang 15 ribu rupiah)

Pertama kalinya sih aku buat ini, khawatir anak anak dan ayah kurang suka, jadi buatnya sedikit saja. Daaaaan... ternyata mereka masih nanya lagi "masih ada kan bun?" halaaah halaaah akhirnya buat lah batch kedua, sekalian ngabisin beras ketan. Nyaaaammm...

Cakwe


Cakwe
Cakue atau Cakwe? Kenal cakwe pas kuliah di Bogor. Ga terlalu suka makannya sekalipun ada cocolan sambelnya. Masih prefer to eat Tahu bunting sih hihihihi....  tahu bunting lovers pokoknya ^__^ Tapi eh tapiiii, punya potongan cakwe di menu bubur ayam itu enak pake mbanget! Apalagi winter dingin plus mana ada tukang bubur lewat. Jadi kalau mau menu bubur, hari sebelumnya buat deh si Cakwe, masuk wadah kedap udara lalu simpan buat menu bubur besoknya, lengkap deh ^-^

Yuk ahh ngadon Cakwe, resep cakwe pertama kali lihat di grupPawon Ibu. Intinya si cakwe menggunakan ragi dan soda kue, adonan seperti roti dan dibentuk ala cakwe. Ga perlu margarin atau butter dan mudah juga membuatnya. Berikut resep cakwe yang aku buat....

Pancakes with Grape Jam Homemade

Pancakes
Salah satu snack kesukaan anak anak selain roti adalah pancake. Macem macem kadang aku membuatnya, Muesli pancake, Oat pancake, Pancake dengan tepung rye, Pancake coklat, Pancake pandan dan yang lainnya, ga ada bosennya pokoknya. Kali ini membuat pancake original hanya yang berbeda bentuknya, cairannya yang lebih banyak sehingga adonannya lebih encer dibanding biasanya sehingga pancake ini hampir seperti crepes tapi tebal. Aku sajikan dengan cara melipatnya lalu disiram anggur marmelade homemade hadiah dari tetangga baik disini ^__^ ganz Lecker!

Resep pancake sebelumnya sudah pernah juga aku tulis disini. Bisa juga dicoba. Yang Pancake lebar aku tulis lagi yaaa....

Saturday, February 21, 2015

Unbaked Raspberry Cheesecake



Unbaked Raspberry Cheesecake

Kali ini bener bener latepost, aku buat chilled cheesecake ini saat musim semi hampir berakhir tahun 2014. Biasanya kalau sudah mau musim panas, buah buahan melimpah ruah dan macem macem, walaupun harganya ga turun banget, komentar khas emak emak ya selalu soal harga >__<

Pengen cheesecake tapi males membuat spongecake dan ngoven, solusinya ya unbaked cheesecake ini. Tapi kali ini aku menggunakan lady finger, yang biasanya dipakai untuk membuat tiramisu. Jenis unbaked cheesecake ini hampir sama dengan tiramisu, bedanya tiramisu menggunakan telur sedangkan unbaked cheesecake tidak sama sekali. Dulu jaman masih cupu, hahahaha terus sekarang enggak gitu? maksudnyya masih jaman baru belajar masak, belajar pegang kompor, belajar buat kue, aku pernah buat unbaked cheesecake (strawberrycheesecake) dan suuuurpriiiiseeee..... ini kue enak banget!! ayah sama kakak yang saat itu masih 1 tahun juga sepakat kalo ini enak dan mereka suka !

Thursday, February 12, 2015

Bubur Ayam Bumbu Kuning

Bubur Ayam
Kemarin anak anak request bubur ayam. Mungkin karena diluar dingin juga ya, bubur ayam anget kan enak banget. Jadilah setelah kakak dan ayah berangkat sekolah aku uprek uprek sebentar di dapur. Ga ribet kok cuma cemplang cemplung saja. Sebenarnya, aku ga terlalu suka bubur. Dulu saat kecil jarang banget sarapan pagi dengan bubur. Kadang kadang papa ngajakin juga hari minggu ke Gorr Saburai Bandar Lampung buat menikmati bubur yang emang enak dan antriannya masya Allah paaanjaaaaang...

Ahhh jadi kangen papa, andah beliau masih ada betapa senangnya melihat anaknya bisa buat bubur yang enaknya pake banget dan cucu cucunya yang lucu dan saleh salehah inshaaAllah. Dulu tuh papa kalau ngajakin aku ke Gor Saburai buat lihat yang pada main Baseball atau in line skate. Tujuannya supaya aku ada minat untuk melakukan sport. *alfatihah buat papa*

Saat jemput pulang sekolah, ada pemandangan yang menarik buat anak anak. Walaupun cuma urusan memperbaiki genteng rumah. Hanya saja perbaikan ini di lantai 2 jadinya membutuhkan bantuan alat seperti gambar dibawah ini. Kadang juga anak anak heboh ngeliatin mobil pemotong ranting ranting di sepanjang jalan, karena bagi mereka mirip dengan mainannya sewaktu di Indonesia. Maklum, disini musim dingin sudah mau habis yang berarti akan datang musim semi.



Wednesday, February 11, 2015

Brownies Cheesecake


Brownies Cheesecake
Beberapa kali membuat brownies coklat, anak anak dan ayah ga pernah bosen. Walaupun kadang aku ga makan atau cuma cicip sedikit, yang merasa bosen ya aku sendiri. Bosen buatnya >__< itu lagi itu lagi. Jadilah kali ini membuat brownies cheesecake, paduan resep brownie yang sudah aku pernah tulis disini ditambah cream cheese yang diaduk dengan gula pasir. Ahhh rasanya legiiiiit....

Seperti biasa sebelum masuk oven, anak anak sudah ngintip duluan, "woooowww kueee" dan bisa dijamin begitu oven bunyi tanda matang ga ada jeda waktu motret dan tinggallah beberapa potong buat difoto. Itu juga kalau inget difoto ^__^

Roti Kentang selang seling pandan

Roti Kentang selang seling Pandan
Salah satu parfum rumah yang aku sukai dan secara alami menyebar dari dapur hmmmmm... Pandan ketemu daun suji itu klop banget, SUKA! Sayangnya disini mana ada daun suji >__< mungkin yang punya halaman kebun buat tanam tanam punya ya, berhubung aku tinggal di lantai 2 dan ga punya kebun atau Garten, yaaaa mariiii.....

Punya pasta pandan hadiah dari temen Indonesia yang sudah lama tinggal di Jerman. Kepikiran membuat roti kentang empuk pandan bertabur biji bijian dan fresh from the oven buat temen ngobrol sama ayah dan anak anak. Cocok kan? This is what we called as family quality time ^__^

Dan hal yang paling membuat saya terbang, saat mau memanggang roti yang sudah dibentuk, anak anak sibuk nungguin mateng dan "Triiiiing" bunyi oven tanda sudah selesai mereka serentak panggil, "bundaaaaa" dan langsung mendekat dapur siap mencomot roti. How happy i am being a mother !!

Tuesday, February 10, 2015

Spagetti Sosis

Spageti sosis siap dimasak
Sering membuat spageti? dibuat macem macem, spageti bolognese, aglio olio, saus keju atau  yang lainnya.... Kali ini membuat kreasi spageti, sekalian ajak anak anak sama sama membuatnya.

Hal yang lumrah atau biasa di sini aku melihat anak anak bisa membuat sesuatu bahkan di sekolah ada ekstra pelajaran menjahit dan pertukangan,  satu kelas dilengkapi dengan mesin jahit dan alat pertukangan modern, wuaaahhh surga ga sih buat anak anak disini. Sekolah di Jerman, mata pelajarannya memang sedikit tapiiiii anak anak belajar banyak hal, mengutamakan proses bukan sekedar angka atau peringkat, dan serta memiliki keterampilan diri menghadapi alam. Setiap berganti musim, anak anak diajak main keluar, melihat dan merasakan perbedaan suhu setiap musimnya, bahkan untuk sekedar memegang bekicot saat musim panas. It is fun, isn't it?

Seperti biasa hasil jadi ga sempat lagi terfoto, karena hebohnya membuat dan ingin cepat cepat menikmati buatan mereka sendiri. Spageti ini bisa disiram kuah keju, saus bolognese atau bahkan kuah karri yaaa... silahkan dikreasikan sendiri yaaa

Cara Membuat
Tusukkan spageti ke sosis yang sudah dipotong potong, rebus dan sisihkan
Sajikan dengan siraman saus keju, saus bolognese, kari ayam, dll
Spageti sosis setelah direbus

Prawn Salad Thai

Prawn Salad Thai
Lagi lagi makanan khas Thailand. Sejak Teteh Rosdaniar sharing menu menu Thailand, aku langsung jatuh cinta deh, rasanya oke banget, pedes, asem segeeeer... ahhh pokoknya, seporsi ga cukup, nambah kebanyakan hehehehe...

Seringnya membuat menu salad disini dengan bumbu knorr membuat malas memasak sayur. Dan juga anak anak sudah klop heheheh *penting ini*. Dan kali ini membuat salad dengan bahan utamanya bukan sayuran semua. Prawn Salad Thai, gurihnya prawn ditambah pedasnya cabe kering plus segernya daun ketumbar. Setuju ga?

Bubur Ayam dengan Dumplings

Bubur Ayam
Apa menu sarapan kamu hari ini? Betapa nikmatnya Indonesia yang punya menu sarapan sak gudang alias buanyaaaak, akeeeh.... bubur ayam, lontong sayur, nasi uduk, nasi kuning, lontong padang, dan semuanya punya jenis masing masing di daerahnya....

Selama di Jerman, dua bulan sekali aku membuat bubur, yaaa tentunya request pasukan. Kadang suka kangen kan. Tapi menu bubur ini bukan dijadikan sarapan, melainkan makan siang atau malam? emang kenyang? lhaaaa kan sama saja dengan nasi. lauk dan sayur. Anak anak pada ga mau sarapan bubur, cukup dengan buah, karena kalau makan berat, perutnya ga enak. Mungkin karena sudah terbiasa juga dengan buah dan disini kalau masuk winter matahari terbit jam 8 pagi, sedangkan berangkat sekolah jam 07.30, jadi kalau sarapan berat berasa sahur >__<

Brownies

Brownies
Brownies! Siapa sih yang ga kenal, kue legit coklat yang padat empuk nan legit ini semua orang pasti tau, buatnya mudah, menikmatinya cepet, yang lama? cuci baskom kotornya, hihihihi.... mau pake mesin cuci piring atau pakai tangan ya sama aja lama nya hihihihi....

Resep brownies aku dapat dari Arni, hasil ngobrol ngobrol di grup whatsapp. Beberapa hari yang lalu catatan resep ini di dapur hilang, mungkin kebuang kertasnya, makanya begitu ketemu di catatan lain, langsung aja mau ditulis disini, biar mudah lihat resepnya.

Tekstur brownies ini tidak pekat, bantet kayaknya brownies, porinya cukup halus, walaupun tidak menggunakan mixer. Yuk dicoba...

Saturday, February 7, 2015

Mandu Korean Dumplings

Dumpling Wrappers
Di Jerman sudah tiga kali aku membuat dumplings, apa ya ini, sejenis siomay tapi bukan, sejenis dimsum yaaa sebangsanya ya? bisa direbus, dikukus dan di panaskan diatas wajan anti lengket dengan sedikit minyak. Praktis makannya tapi butuh sabar membuatnya, awalnya pertama kali mencoba membuat ini yaaa harus ekstra sabar, kedua dan ketiga, kecepatan membuat jauh lebih cepat dan lebih bagus hasilnya, Practice makes perfect, isn't it?

Anak anak juga suka, lep lep sekali masuk. Biasanya, aku buat isian hari sebelumnya, lalu kulitnya di hari berikutnya, supaya ga terlalu capek juga, karena kan sambil mengerjakan urusan yang lain. Dan ternyata dumpling ini bisa juga di stok di freezer, ahhh next time kalau membuat lagi dalam jumlah yang banyak dan dibekukan, sewaktu waktu ingin menu dumpling tinggal mengeluarkan satu porsi makan untuk berempat v^_^v

Friday, February 6, 2015

Ayam Goreng Tulang Lunak

Ayam diberi bumbu dan didiamkan
Sudah lama memang aku ingin membuat ayam tulang lunak. Baca baca bagaimana membuatnya sepertinya mudah dan kebetulan sekali masih punya stok daun pisang di freezer ^__^ pucuk dicinta namanya. Memasak ayam supaya tulang lunak membutuhkan alat masak Panci Tekan atau Panci Presto atau Presscooker atau Schnellkochtopf. Pertama kali aku menggunakan panci tekan dulu saat di Indonesia, itu juga punya Ibu (ibu mertua aku panggil Ibu, sedangkan ibuku aku panggil mama). Saat itu ibu punya panci presto 3 bh, hehehe banyak ya? Ibu memang gemar memasak dan anak laki lakinya ibu yang sekarang jadi suami, dulu berharap punya istri bisa memasak kaya ibu, alhamdulillah ya nak, doanya terkabul dapet bonus lagi, sudah pintar memasak, membuat kue dan cantik lagi *sensoooor* hahahahaha...

Pengalaman pertama pake panci presto untuk memasak rendang, hasilnya sukses empuk dan mak ngeprul kaya bubur, boro boro jadi rendang, yang ada jadi bubur daging suwir, hihihi.... setelah itu ga pernah berpikir beli panci ini, harganya juga aduhai, jadi yaaa skip sajalah.... Namun, sejak di Jerman, mau bubur ayam? yaa buat sendiri.... mau makan ketoprak pake lontong? yaaa ngeracik sendiri... mau sup iga empuk? yaaa ngerebus sendiri... mau lontong padang? yaaa buat sendiri... ditambah urusan A-Z, sekolahku, sekolah anak, surat surat pemberitahuan dll... cuma sekolah ayah aja yang ga diurusin. Kalo sekolah ayah, aku cuma bagian ngomel, ayo udah nulis belom, gimana datanya, hari ini ngapain aja, kapan submit? Udah ditemenin sampe Jerman, bisa lulus cumlaude dooong minimal, kalo summa cumlaude dapet hadiah spesial deh heheehehe *istri kejam tapi sayang kok :P*
Alasan alasan diatas tersebutlah yang membuat kepikiran perlu beli panci presto ini, mengingat hasil ujianku yang bagus ya reward buat diri sendiri hehehehehe.... ternyata sodara sodara ini worth it sekali, panci ditutup aku bisa mengerjakan urusan yang lain atau malah baca baca buku bareng anak anak. Asyik kan?? hehehe kemana aja aku selama ini *tutup muka masuk selimut*