Monday, December 1, 2014

Lupis Ketan


Lupis Ketan
Makanan tradisional kesukaan, legitnya ketan dipadu kelapa parut muda dan air gula yang manis dan kental. Di Jerman aku mendapatkan Kelbreis atau beras ketan di toko Asia, biasanya komoditi ini impor dari Thailand. Wah sayangnya ya aku jarang memperoleh komoditi impor yang berasal dari Indonesia kecuali Indomie. Hampir sebagian besar makanan Asia impor dari Thailand, seperti Kokosmilch atau santan, rebung, cocktail, sesame oil, sambal botol, bahkan tahu coklat hasil impor dari Singapo. Kangen deh Indonesia !

Mimpi dan cita-cita....

Bercermin...melihat pribadi sendiri....

Mimpi dan cita cita itu sebaiknya dicicil, bukan dikerjakan semalam suntuk, hasilnya ga bakal baik yang ada gagal dan badan terforsir, Capek !

Donat Labu Kuning - Pumpkin Donuts


Donat Labu
Masih punya labu yang sudah dikukus dan dihaluskan, selain aku buat pumpkin cheesecake memang ingin buat donat labu, kesukaan anak anak. Saat membuat adonan donat labu, ternyata cairan yang diperlukan jauh lebih sedikit dari biasanya, bisa jadi karena labu kukus jauh lebih berair daripada kentang kukus. Saat labu kukus dimasukkan ke adonan, seketika adonan menjadi warna kuning, ahhh bisa jadi juga sebagai pewarna alami ya, seneng lihatnya :) 

Saturday, November 29, 2014

Visa Kumpul Keluarga ke Jerman


Bismillah... sudah lama ingin nulis sharing pengalaman bagaimana bisa berkumpul keluarga di Jerman. Aku seorang istri dari Phd yang berstatus student (di Jerman seorang Phd bisa juga berstatus sebagai Mitarbeiter/ pekerja) dan mempunyai 2 orang anak. Suami mendapatkan Stipendium/ Beasiswa dari Dikti yang memang tidak memiliki wewenang/ surat sakti untuk bisa membawa keluarga berkumpul di  Jerman. Jika kamu pemegang beasiswa DAAD maka satu point lebih, DAAD bisa memberikan surat sakti khusus untuk membawa keluarga dan pihak Kedutaan Jerman di Jakarta tentunya akan meloloskan visa kumpul keluarga. Namun, Beasiswa ini terbatas untuk beberapa bidang research/ studi, jadi hanya orang bidang tertentu yang dapat mendaftar beasiswa ini, informasi detail silahkan cek disini.

Dikarenakan beasiswa Dikti yang tidak memiliki surat sakti untuk menjamin keluarga bisa berkumpul, tentunya memberikan konsekuensi 50:50 untuk bisa berangkat ke Jerman, tapi inshaaAllah yakin hanya pada Allah, niat baik untuk berkumpul keluarga akan punya jalannya sendiri. Manusia boleh menghalangi dengan cara apapun bukankah Allah yang punya kehendak?

Awal suami mendapatkan keputusan Phd dan beasiswa hingga hari keberangkatan sangat singkat, sekitar 4 bulan. Bulan Oktober 2012 suami berangkat ke Jerman dari Bandara Soetta dan aku tidak bisa mengantar karena baru melahirkan anak kedua dan si kecil sekitar umur 5 bulan. Sebelum suami berangkat, walau kami pun belum yakin bisa berkumpul atau tidak, kami mengurus segala legalisasi berkas pernikahan, akte kelahiran dsb terlebih dahulu. Jadi saat suami sudah berangkat aku hanya konsen pada ujian Bahasa Jerman level A1 dan beberapa berkas yang diperlukan saat mendaftar visa kumpul keluarga, termasuk legalisasi akte kelahiran dan akte nikah di kedutaan Jerman. Legalisasi kedutaan aku lakukan menjelang pendaftaran visa, karena menurutku hal ini akan dilakukan jika kami ber3 benar benar bisa menyusul ke Jerman.

Hal-hal yang aku persiapkan ketika memutuskan akan berkumpul keluarga di Jerman :

Thursday, November 27, 2014

Pumpkin Cheesecake, Kürbis Käsekuchen

Pumpkin Cheesecake
Musim gugur mau berakhir, selain musim apel dimana mana, si pumpkin atau si Kürbis juga ikutan banyak, apalagi kalau sudah akhir bulan oktober, pasti muncul deh yang ukuran besar, identik dengan Hallowen soalnya :) tergiur juga deh untuk membeli, tapi selama 2 minggu aku biarkan saja ga diolah, bukan karena malas tapi minggu lalu kakak demam dan kemudian minggu berikutnya adiknya. Alhamdulillah semua sudah baikan dan sehat, tinggal adik Aqila saja yang masih pemulihan.

Tuesday, November 25, 2014

Anakku terlambat bicara, speech delayed 4 END



Setelah hari itu asessment jam 8 pagi selesai jam 10, aku langsung ambil appointment jadwal terapi dan dimulai hari itu juga karena jadwalnya salah satu therapist ada yang kosong. Therapist di klinik ini sebagian besar adalah lulusan D3 pendidikan tumbuh kembang anak *aku lupa jurusan spesialisnya apa* dan merupakan bimbingan dari Dr Tri Gunadi.

Hal yang sangat menggembirakan kakak mulai dari jam 8 Assesment dilanjut terapi 2x 1 jam dengan 2 macam jenis terapi sama sekali tidak menunjukkan bosan, jenuh atau lelah, dia sangat SENANG !

Anakku terlambat bicara, speech delayed 3

Setelah konsultasi di salah satu RS anak di daerah cibubur, aku mendapati pemeriksaan dokter anak yang hanya menginterogasi orang tua dan sama sekali tidak menyentuh anak, jadi jawaban yang aku berikan disimpulkan oleh si dokter. Karena kurang sreg aku ga melanjutkan lagi pemeriksaan di sini.

Lanjut pemeriksaan di RS Harapan Kita untuk cek ke THT dan EEG bagian syaraf. Hasil dari THT dengan pemeriksaan dokter tanpa pemeriksaan intensif gelombang suara, dokter menjelaskan tidak ada masalah dengan pendengarannya, malah si dokter yakin tidak ada masalah dengan kakak, hanya dia aktif dalam segala hal. Saat ingin melakukan pemeriksaan EEG ternyata harus appointment dulu dan pasien harus dalam keadaan tidur, akhirnya kami menunda pemeriksaan ini dan kemudian menganggap pemeriksaan ini tidak terlalu perlu.

Friday, August 15, 2014

Cheesy Casserole

Pastel tutup

Kali ini aku buat casserole kentang, hasil browsing ide masak apa ya hari ini, ngabisin kentang dan keju stok di dapur. Baca baca resep sekilas ternyata kok mirip pastel tutup klo di kita ya (read Indonesia) :)
Anak anak ga terlalu suka kentang kecuali sup krim kentang atau kentang goreng. Padahal disini anak anak di Kindergarten makan siang ada menu kentang kasih saus keju plus timun (jerman : Gurken), simple? yup banget !  Karena itulah membiasakan anak anak mau dan suka makan kentang lebih baik daripada nanti di kelas ga mau makan, malah bingung deh :)

Sunday, August 10, 2014

Pie Apple


Apple Pie
Beberapa kali buat apple pie tapi ga pernah nyatet pake resep yang mana, buatnya juga udah lama, alhasil lupa deh sama resep. Browsing sebentar lihat resep dan kali ini mesti nyoba resep baru, ditulis dan catatan mengenai resep yang digunakan, biar ga lupa lagi dan hilang lagi -__-"
Kali ini Pie Apple yang kubuat crustnya mengambil resep dari ricke yang aku sesuaikan dan isiannya, dikira kira sendiri :) sambil ngabisi granny smith, yang pada mulai bosen sarapan pake buah ini :D

Bread Idea for Breakfast - Brötchen mit Mozarella und Butter für Frühstuck


Bread Idea for Breakfast

Bread Idea for Breakfast
Brötchen mit Mozarella und Butter für Frühstuck

Roti kecil satuan porsi kecil, biasa disebut Brötchen disini. Tekstur Roti di Jerman yang cenderung keras tapi lembut di dalam, tapi sebagai pecinta roti, semua suka banget dan selalu pake rebutan :)

Pagi pagi ada mozarella dan butter di kulkas dan roti, langsung deh jadi sarapan cepet buat anak-anak. Aku? cukup buah aja, soalnya perut protes kalo diisi karbo pagi pagi :)

Buatnya mudah banget, yuk dicoba!

Tuesday, July 1, 2014

Biji Salak untuk berbuka puasa

Kolak Biji Salak

kolak biji salak ini dibuat tahun 2011, teksnya ternyata masih di draft blogku, berarti 3tahun ngendep aja ga diposting update, hihihihi *kebiasaan* saat itu buatnya lagi hamil, mungkin saking wira wiri sendiri jadi sampe lupa update buat diposting di blog. Sekarang anaknya di dalam kandungan sudah 2 tahun, Subhnallah.... ^__^

Kolak Biji Salak

Sunday, June 22, 2014

Pastel Lapis atau Tarcis atau Karipap pusing


Pastel Lapis menggunakan metode gulung, setelah digoreng
Pastel lapis pertama kali aku tau dari mailing list NCC yang disharing sama mom Elly, namun kala itu tidak terlalu membooming layaknya sekarang. Tapi sejak aku mencoba resepnya, jatuh cinta banget deh sama resep pastel ini, rasanya yang gurih nan kriuk kriuk berlapis layaknya puff pastry. Pasti deh ga bakal nyesel dan ga cukup cuma 3, hihihihi....

Di Jerman, aku sering membuatnya, sekaligus banyak dan digoreng semuanya, dibungkus per sekali sajian lalu masuk freezer. Tahan hingga satu bulan, jika isiannya tanpa telur rebus atau bihun. Karena jika menggunakan telur rebus, telurnya akan keriput sedangkan bihun agak lembek dan asam. Jika ingin disajikan cukup ambil satu kantung kemudian masukkan oven panaskan 10 menit suhu tinggi, maka kriuk kriuknya tetap terasa ^^

Cheesecake


Cheesecake
Beberapa minggu ini ayah dan kakak protes melulu "Ga ada kue bunda?" atau "Bunda ga buat kue?". Ya begitulah, kalau sudah urusan banyak surat dan harus tulis ini itu dan kirim email ditambah bolak balik ke Stadt (kota) untuk mengurus beberapa hal, badan pengennya istirahat atau panik ujian yang masih jauh berasanya sudah dari sekarang -_-"

Kamis minggu ini libur Fronleichnam atau Corpus Christi, jadi kesannya libur panjang banget, kamis-jumat-sabtu-minggu. Disini kalau tanggal merah semua toko tutup, jadi kita harus membeli kebutuhan makanan sebelum hari libur, atau setidaknya persediaan cukup untuk keesokannya. Hari Jumat, aku membeli 500gram Quark cheese atau Ricotta 0%fett, rencana ingin buat cheesecake.

Dadar Gulung Bintik Coklat


Dadar Gulung
Sudah beberapa kali aku membuat Dadar Gulung kelapa disini (Jerman), apalagi setelah tau ada Gula merah di toko Asia, cuma memang harganya aduhai, 1 blok sekitar 100 gram seharga 1,5 Euro. Warna pekat gula merahnya juga oke, hampir sama dengan gula merah yang aku bawa dari Indonesia. Dadar gulung pertama kali aku bawa untuk pengajian di Kaiserlautern, salah satu kota tetangga Mannheim, yang masih dalam satu wilayah RNV (Rhein-Neckar Verkehr GmbH,  nama transportasi kota daerah Rhein-Neckar)

Cemilan ini kesukaan ayah, aslinya dadar gulung berwarna hijau, namun karena disini belum pernah ketemu daun suji, jadi dimodifikasi saja dengan bubuk coklat. Hasilnya dadar gulung kelapa bintik coklat. Warna Hijau pernah aku coba menggunakan pasta pandan, namun tentunya wangi pasta sangat berbeda dengan pandan asli, dan anak anak kurang suka. Jadi lebih baik, aku menggunakan bahan alami yang ada saja.

Biasanya dadar gulung memiliki tekstur kulit yang bergerindil dan tidak mulus, namun kali ini karena menggunakan coklat aku membuatnya halus mulus tanpa gerindil, sekilas tampak semar mendem ya, namun saat dibuka ternyata kelapa bukan ketan. Tekstur kulit mulus dan tidaknya  disebabkan panas pada pan yang digunakan, saat akan menuang adonan. Jika menginginkan mulus, maka gunakan api kecil saja, tapi sebaliknya untuk tekstur berkeriput layaknya dadar gulung, saat menuang adonan kulit usahakan pan yang digunakan cukup panas, kemudian bisa dikecilkan lagi hingga kulit matang.

Dadar Gulung
Resepnya aku lihat dari Ummu Fatima, idenya membuat berbintik dari wijen hitam kuganti dengan bubuk coklat yang aku tambahkan ke sebagian adonan dan tentunya resepnya sudah dirubah sesuai dengan kebutuhan dan seleraku. Berikut resepnya,

Dadar Gulung Kelapa Bintik Coklat
by Melly, modifikasi dari Resep Ummu Fatima

Bahan
Dadar Gulung Berbintik Isi Unti Kelapa

Bahan Kulit :
300 gr tepung terigu protein sedang/ tinggi (di Jerman melly menggunakan all purpose flour, Weizenmehl type 450)
4 butir telur ukuran M atau 3 butir telur ukuran L
3 sdm gula pasir atau secukupnya
1/2 sdt garam
800-900ml susu cair / air / santan / campuran santan dan air (melly menggunakan susu cair)
1sdm minyak (melly menggunakan canola oil)
1 sdm munjung coklat bubuk, sisihkan untuk dicampurkan dengan 2 sendok sayur adonan kulit.

Bahan unti kelapa :
200 gr kelapa parut kering
450 ml air, jika menggunakan kelapa parut segar, kurangi airnya.
150 gr gula merah
50 gr gula pasir

Cara Membuat :
Kulit/ dadar :
1.Campurkan semua bahan kering
2. Masukkan telur
3. Beri air sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan whisk hingga memperoleh kekentalan yang pas. Adonan yang terlalu kental akan membuat kulit yang tebal dan sebaliknya jika terlalu encer maka kulit dadar yang dihasilkan tipis
4. Ambil dua sendok sayur adonan, campurkan dengan 1 sdm bubuk coklat, aduk hingga rata dan tidak ada bubuk coklat yang menggerindil

Dadar Gulung Bintik Coklat Step by Step
Dadar Gulung Bintik Coklat Step by Step
Isian Kelapa:
1. Rebus gula merah, gula pasir dan air hingga gula larut. Saring.
2. Masukkan kelapa kering dan aduk hingga air menyusut.

Penyelesaian :
Saat kulit matang dari pan, aku langsung isi dengan kelapa kemudian digulung, karena saat masih hangat adonan kulit cenderung basah lembab sehingga mudah menempel. Tapi jika ingin menumpuk kulit, usahakan tumpukan kulit ditutupi oleh kain yang basah agar tidak kering.

Sajikan dengan teh hangat atau kopi untuk teman ngobrol di kala senja bersama keluarga  ^_^ Alhamdulillah
They like Dadar Gulung ^_^
Dadar Gulung

Tuesday, February 25, 2014

Bakso Ikan

Bakso Ikan
Membuat bakso, menyenangkan, rasanya seperti di Indonesia, bahan bumbu yang diperlukan ga ribet karena ga butuh rempah komplit dan yang jelas anak anak suka ^_^. Resep bakso yang aku gunakan sama seperti bakso ayam, yang pernah kubuat, resep dasarnya ya itu itu saja hanya bahan utama yang diganti dan tehniknya disesuaikan.